Rabu, 21 Oktober 2015

COFFE SHOP BNW (OLEH VANYA REALITA PERMANA 170103140008)

Identifikasi peluang bisnis
Zaman semakin berkembang Kedai kopi merupakan sebuah tempat bagi orang-orang yang ingin menikmati aneka minuman kopi dengan konsep yang sedikit lebih modern dan profesional. Keprofesionalan tersebut dapat terlihat dari cara kerja dan proses pembuatan, cara penyajian, tempat dan suasana usahanya, serta menu kopi yang lebih beragam dari berbagai rasa kopi, Dan kopi sekarang menjadi gaya hidup sehari-hari, dan menjadi fashion anak remaja dan kalangan dewasa. Karna dizaman sekarang yang semakin tinggi modernisasinya sangat banyak tempat-tempat nongkrong untuk berkumpul bersama teman, tempat mengerjakan tugas, bersantai meskipun sendiri untuk “me time”. Untuk itu agar semakin banyaknya tempat kumpul yang nyaman kita mempunya temapt nongkrong yang asik yang bernama Coffe Shop BNW.

Modal yang di dapatkan
Saya mempunyai modal sekitar 80.000.000 dari orang tua sedikit memberi tambahan untuk membuat usaha yang dinginkan karna orang tua saya mendukung dengan adanya keinginan usaha saya membuka bisnis, dan ada sedikit uang tabungan saya sendiri.
Penjelasan Coffe Shop BNW
Usaha yang ingin diarahkan dibidang kuliner minuman karna di zaman sekarang Di era tahun 80-90an, kita akrab dengan sebuah istilah Warkop atau Warung Kopi yang merupakan tempat usaha dagang masyarakat kecil yang menyediakan kopi hangat yang biasanya dikelola secara sederhana dan tradisional.  Pisang goreng dan snack tradisional merupakan hidangan pelengkapnya.Kini, dengan zaman yang semakin berkembang dan persaingan usaha di bidang kuliner dan minuman, banyak orang yang berlomba menggeluti usaha yang lebih spesifik sehingga mempunyai ciri khas tertentu dan dikerjakan secara lebih profesional, salah satunya usaha kedai kopi.

Alasan membuat usaha coffe Tren penikmat kopi yang semakin meluas ini tentu saja menjadi ladang bisnis basah bagi sebagian orang yang jeli melihat peluang.Tak heran, bisnis coffee shop pun mewabah di mana-mana.Secangkir kopi memang ideal untuk diseruput kapan saja.Entah untuk ‘suntikan’ energi di pagi hari, membuang rasa enek setelah makan siang, atau hangout bersama teman sepulang kerja, sepulang sekolah, dan jika banyak waktu kosong. Ngopi dan duduk-duduk santai di kedai juga telah menjadi kebutuhan warga kota besar. Dan menjadi Kepopuleran gaya hidup ini membuat pengusaha banyak sekali ingin membuka kedai kopi karna mulai kalangan remaja hingga kalangan tua sangat menyukai sekali yang namanya kumpul ditempat kopi dengan alasan lebih santai dan sangat  nyaman suasana yang sangat tenang dengan ditemani secangkir kopi dengan berbagai gaya macam rasa yang diciptakan oleh pengusaha kopi tersebut. Apa lagi kopi sekarang banyak berbagai macam rasa dan fariasi dengan adanya kreatif mengubah coffe dengan berbagai macam ragam, sehingga pencinta coffe sangat menyukainya.

Visi saya di perusahaan Coffe shop BNW adalah menjadikan warung kopi sederhana ini mencapai eksistensi puncak sebagai rumah kedua yang membuat konsumen tertarik untuk kembali lagi.

Misi Coffe shop BNW yaitu membuat desain yang unik dan menarik sehingga perasaan konsumen lebih relaks ketika berada di wCoffe shop BNW dengan suasana yang sederhana namun comfortable. Selain itu, Coffe shop BNW menyediakan menu seduhan yang bervariasi sehingga konsumen memiliki berbagai macam pilihan dan tidak merasa jenuh.

Tujuan Tujuan perusahaan adalah :
1.    Menjaga eksistensi perusahaan dan pengembangan usahanya serta meningkatkan kesejahteraan pemilik usaha dan karyawan.
2.    Meningkatkan jumlah pelanggan/konsumen baru.
3.    Memuaskan pelanggan serta meminimalkan klaim dan akuisisi oleh pesaing.
4.    Mencapai visi dan misi yang didukung oleh perkembangan teknologi dalam perusahaan

Nama perusahan yaitu Coffe Shop BNW diambil dari pikiran saya karna kopi itu memiliki struktur yang gelap makanya saya menggunakan kata BNW dan coffe itu saya ambil dari kata bahasa inggirs mengapa saya mengambil dengan bahas inggris agar modern sedikit dan shop itu seperti nama toko tersebut, tidak ada arti penting dalam nama perusahaan ini namun semoga berhasil dengan bisnis ini.

Lokasi
Alamatperusahaan : Jl. Bukit dago selatan RT05/04 no2,Bandung. Saya memilih lokasi ini karena tempatnya sangat strategis, Coffe Shop BNW ini berbentuk ruko yang berada dipinggir jalan raya sehingga banyak orang yang dapat dengan mudah melihat dengan jelas Coffe Shop BNW. Coffe Shop BNW ini deka tdengan sekolah, kantor-kantor, dan universitas seperti UNISBA,UNIKOM,UNPAD DU, UNPAD DAGO, ITB. Sehingga banyak serkali peluang Coffe Shop BNW mempermudah kami untuk menarik pelanggan datang ke Coffe Shop BNW karna letaknya yang strategis dan mudah untuk di jangkau.
Penjelasan produk
Adalah konsep dasar dari Coffe shop BNW. Dengan penggunaan alat pembuat kopi yang unik yaitu Vietnam Drip Plunger terbukti menjadi daya tarik tambahan untuk positioningnya. Dan ada beberapa konsep yang di usung dari warung kopi skala kecil hingga neo-modern. Tetapi, yang mengusung konsep tradisional plus alat yang unik hanya satu yaitu di Coffe shop BNW. Penataan suasana yang terkadang “melow” terkadang pula “menggelegar” namun nyaman mampu membuat para konsumen betah untuk berlama-lama di Coffe shop BNW ini. Positioning yang kuat ini mampu memberikan ruang yang cukup untuk benak pelanggan maupun calon pelanggan. Bersaing dengan warung kopi lain di benak pelanggan. Benar-benar unik dan berbeda adalah salah satu modal utama untuk bisa berkembang secara pesat di era saat ini. Maka dari itu, konsep simple but comfortable hanya di terima jika konsep yang dimiliki bisa disesuaikan dengan konsep tradisional Coffe shop BNW. Produk-produk utama yang ditawarkan adalah berbagai seduhan yang secara garis besar dapat digolongkan menjadi  empat bagian yaitu coffee, special coffee, Milk Based, juice and others. Produk dijual dengan harga terjangkau yang telah ditentukan dengan pertimbangan strategis serta memungkinkan untuk bersaing dengan produk lain dan  produk substitusi yang dijual oleh para pesaing.

Promosi
Proses komunikasi sangat penting di dunia bisnis. Karena itu pihak pengusaha menyadari betapa pentingnya penyediaan sarana komunikasi dengan prospek atau calon pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan Coffe shop BNW. Ada beberapa tahapan dalam proses komunikasi produk Coffe shop BNW,mulai dari proses komunikasi pengenalan produk, peningkatan loyalitas pelanggan, hingga peningkatan brand imagewarung Coffe shop BNW di mata masyarakat.
Ada beberapa fasilitas yang diberikan warung kopi kepada konsumen loyalnya (pelanggan). Salah satunya adalah melalui hiburan berkala seperti event NOBAR (Nonton Bareng Sepak Bola), live musik indie, acara ajang fotografi dan lainya.

Segmentasi Pasar atau sasaran
Segmentasi pasar yang di ambil Coffe shop BNW adalah masyarakat muda yang berumur antara 17 hingga 50 tahun. Walaupun pada kenyataannya, peminat dari berbagai varian menu Coffe shop BNW banyak juga pelanggan yang usia 35 tahun ke atas. Fokus terhadap target konsumen Coffe shop BNW akan membuat hasil yang maksimal sesuai dengan strategi marketing yang ada. Kemudahan proses promosi yang sangat cepat melalui word of mouth yaitu segmen anak muda memang menjadi tujuan awal strategi pasar Coffe shop BNW Di samping tingkat kepercayaan yang tinggi akan proses komunikasi.
Latar belakang bisnis
Alasan kami menawarkan minuman coffe ini adalah saat ini coffe sangat menjadi tren tersendiri di kalangan para remaja maupun kalangan tingkat tinggi Namundemikian, meskipun minuman cffe sangat banyak sekali fariasi tetapi tidak ada sama sekali untuk minder dalam bisnis ini. Di sini kami memciptakan berbagai macam farisi coffe yang snagat unik dan sangat banyak rasa sehingga kosumen tidak akan bosen datang ke Coffe Shop BNW kami.
Sumber Daya Manusia
Untuk memulai bisnisnya, Coffe shop BNW tidaklah membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Inti dari usaha ini adalah ketersediaan barista yang mempunyai keterampilan di bidang coffee shop danFnB atau yang biasa di sebut Food n Beverages serta pramusaji yang berperan sangat penting untuk keberlangsungan usaha ini. Sumber daya manusia yang terdapat di Coffe shop BNW sekarang berjumlah 14 orang termasuk CEO/pemilik.

PotensiBisnis
Coffe sShop BNW ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan.Karena telah merebak nya modernisasi di kalangan remaja maupun dewasa mulai dari kalangan remaja sampai tingkat dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan rasa coffe yang biasa saja maka dari itu kita memiliki fariasi yang sangat banyak dan unik yang itu-itu saja. Tidak seperti coffe shop yang lain. Terkadang mereka merasa bosan.Tetapi apabila telah disediakan rasa coffe yang berbagai macam rasa, serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi rasa maupun gaya, pasti akan menarik perhatianya.
Konsep perusahaan dari Coffe Shop BNW
Simple but comfortable Coffee Shop adalah konsep dasar dari Coffe shop BNW. Dengan penggunaan alat pembuat kopi yang unik yaitu Vietnam Drip Plunger terbukti menjadi daya tarik tambahan untuk positioningnya. Dan ada beberapa konsep yang di usung dari warung kopi skala kecil hingga neo-modern. Tetapi, yang mengusung konsep tradisional plus alat yang unik hanya satu yaitu di Coffe shop BNW. Penataan suasana yang terkadang “melow” terkadang pula “menggelegar” namun nyaman mampu membuat para konsumen betah untuk berlama-lama di Coffe shop BNW ini. Positioning yang kuat ini mampu memberikan ruang yang cukup untuk benak pelanggan maupun calon pelanggan. Bersaing dengan warung kopi lain di benak pelanggan. Benar-benar unik dan berbeda adalah salah satu modal utama untuk bisa berkembang secara pesat di era saat ini. Maka dari itu, konsep simple but comfortable hanya di terima jika konsep yang dimiliki bisa disesuaikan dengan konsep tradisional Coffe shop BNW.

Service Coffe Shop BNW
Konsep pelayanan dari Coffe shop BNW dengan tagline “mempererat tali silaturahmi” menjadikan warung kopi ini berkomitmen akan memberikan pelayanan yang paling baik untuk pelanggan. Bukan sekedar pelayanan standar yang baik, Coffe shop BNW mempunyai sistem pelayanan yang mengutamakan persahabatan dan silaturahmi dengan konsumen. Para karyawan harus memiliki kemampuan menghafal dengan perawakan setiap konsumen, menu apa yang biasa di pesan dan lain sebagainya.
Coffe shop BNW memberikan pelayanan internet gratis bagi para pelanggannya. Denganbermodal laptop, pc tablet atau hp berfeatures wi-fi, konsumen dapat menikmati layanan internet network secara gratis selama 24 jam penuh.
Surfing sambil ngopi menjadi tradisi yang kuat di kalangan anak muda pada era sekarang ini. Internet akan mendukung semua hal yang konsumen cari untuk proses belajar yang tidak mengenal usia.

Promosi Coffe Shop BNW
Proses komunikasi sangat penting di dunia bisnis. Karena itu pihak pengusaha menyadari betapa pentingnya penyediaan sarana komunikasi dengan prospek atau calon pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan Coffe shop BNW. Ada beberapa tahapan dalam proses komunikasi produk Coffe shop BNW,mulai dari proses komunikasi pengenalan produk, peningkatan loyalitas pelanggan, hingga peningkatan brand imagewarung Coffe shop BNW di mata masyarakat.
Ada beberapa fasilitas yang diberikan warung kopi kepada konsumen loyalnya (pelanggan). Salah satunya adalah melalui hiburan berkala seperti event NOBAR (Nonton Bareng Sepak Bola), live musik indie, acara ajang fotografi dan lainya.

Sumber Daya Manusia
Untuk memulai bisnisnya, Coffe shop BNW tidaklah membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Inti dari usaha ini adalah ketersediaan barista yang mempunyai keterampilan di bidang coffee shop danFnB atau yang biasa di sebut Food n Beverages serta pramusaji yang berperan sangat penting untuk keberlangsungan usaha ini. Sumber daya manusia yang terdapat di Coffe shop BNW sekarang berjumlah 14 orang termasuk CEO/pemilik. Perekonomian dalam geografi disekitar  Coffe shop BNW khususnya konsumen target usia 17-18tahun (mahasiswa, pelajar dan khalayak muda) mungkin menjadi kendala yang cukup berarti, hal ini dikarenakan rata-rata memiliki pendapatan yang tidak tetap dan rendah. Sehingga akan menjadi pertimbangan yang matang bagi konsumen untuk membeli produk-produk spesial yang menjadi andalan Coffe shop BNW.Sehingga rata-rata konsumen hanya akan membeli produk dengan alasan produk tersebut memiliki harga termurah di Coffe shop BNW.
Terkait globalisasi, perkonomian nasional dapat mempengaruhi kehidupan perusahaan apabila terjadi suatu masalah seperti naiknya harga BBM. maka biaya transportasi untuk suplai barang akan meningkat, hal itu berpengaruh buruk pada warung kopi Cak Wang terkait biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Lingkungan umum atau pesaing
Coffe shop BNW dalam hal ini memiliki banyak pesaing di sekitar daerah perkuliahan(kampus). Melihat kondisi dari segi pelayanan, teknologi, lokasi, dan perkembangannya, terdapat beberapa pesaing yang cukup berarti, seperti Campus Resto, Benoa Cafe, Smart Cafe, Cafe 91 dll. Persaingan industri dalam bidang ini tampak tinggi yang ditunjukkan oleh besarnya peluang bagi pelaku bisnis untuk masuk dalam industri sejenis, begitu pula dengan banyaknya pelaku bisnis yang telah berinvestasi dalam industri yang sama, ditambah lagi budaya dari konsumen target yang menunjukkan perilaku antusias dan banyak menghabiskan waktu senggangnya untuk mnyantap jamua di sebuah warung/cafe.


STRUKTUR ORGANISASI Coffe Shop BNW




Job Description :
Owner yaitu sebagai pemilik usaha bertugas sebagai memantau usaha, menerima laporan dari hasil usaha yang telah di dapat oleh perusahaan dan terus menambah dan menciptakan rasa-rasa unik untuk menambah rasa unik coffe dan mengembangkan dan mempertingkat cita rasa untuk menambah menu baru di Coffe Shop BNW.
Asisten Owner sebagai penanggung jawab untuk mempertanggung jawabkan mengenai kejadian-kejadian yang ada di perusaahan Coffe Shop BNW dan untuk memantau cara kerja bagaimana bawahan atau pegawainya kerja untuk melayani kosumen yang data ke Coffe Shop BNW.
Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan mencatat pengeluaran, indormasi perusahaan dan daya yang penting di perusahaan.
     Kasir sebagai pusat pembayaran atau proses transaksi antara pembeli dan penjual, dan bertanggung jawab atas jumlah pendapatan dengan produk yang terjual

Bag produksi mengelola bahan-bahan untuk perusahaan Coffe Shop BNW untuk diproduksi .
Pemasaran melayani konsumen jika ada yang bertanya atau membutuhkan saran favorite utama di Coffe Shop BNW yang ingin dibeli, biasanya yang membutuhkan saran itu baru datang pertama kali ke Coffe Shop BNW kami.
Dan kami memiliki beberapa pegawai yang kami pekerjakan diperusahaan kami, dan setiap pegawai kami beri hak yang pantas mereka dapatkan, hak yang mereka dapatkan :
1.    Mendapat gaji berstandar UMR
2.    Cuti yang kami berikan yaitu cuti tahunan, dan cuti sakit.
Selain itu pegawai pun memiliki kewajiban, kewajibanya itu adalah :
1.    Menjaga dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan

2.    Menjaga rahasia perusahaan yang telah dimiliki oleh perusahaan dan jabatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar