Identifikasi peluang bisnis
Zaman semakin berkembang Kedai kopi
merupakan sebuah tempat bagi orang-orang yang ingin menikmati aneka minuman
kopi dengan konsep yang sedikit lebih modern dan profesional. Keprofesionalan
tersebut dapat terlihat dari cara kerja dan proses pembuatan, cara penyajian,
tempat dan suasana usahanya, serta menu kopi yang lebih beragam dari berbagai
rasa kopi, Dan kopi sekarang menjadi gaya hidup sehari-hari, dan menjadi
fashion anak remaja dan kalangan dewasa. Karna dizaman sekarang yang semakin
tinggi modernisasinya sangat banyak tempat-tempat nongkrong untuk berkumpul
bersama teman, tempat mengerjakan tugas, bersantai meskipun sendiri untuk “me
time”. Untuk itu agar semakin banyaknya tempat kumpul yang nyaman kita mempunya
temapt nongkrong yang asik yang bernama
Coffe Shop BNW.
Modal yang di dapatkan
Saya
mempunyai modal sekitar 80.000.000 dari orang tua sedikit memberi tambahan
untuk membuat usaha yang dinginkan karna orang tua saya mendukung dengan adanya
keinginan usaha saya membuka bisnis, dan ada sedikit uang tabungan saya
sendiri.
Penjelasan Coffe Shop BNW
Usaha yang ingin
diarahkan dibidang kuliner minuman karna di zaman sekarang Di era tahun 80-90an, kita akrab
dengan sebuah istilah Warkop atau Warung Kopi yang merupakan tempat usaha
dagang masyarakat kecil yang menyediakan kopi hangat yang biasanya dikelola
secara sederhana dan tradisional. Pisang goreng dan snack tradisional
merupakan hidangan pelengkapnya.Kini, dengan zaman yang semakin berkembang dan
persaingan usaha di bidang kuliner dan minuman, banyak orang yang berlomba
menggeluti usaha yang lebih spesifik sehingga mempunyai ciri khas tertentu dan
dikerjakan secara lebih profesional, salah satunya usaha kedai kopi.
Alasan membuat usaha coffe Tren penikmat kopi yang semakin meluas ini tentu saja menjadi
ladang bisnis basah bagi sebagian orang yang jeli melihat peluang.Tak heran,
bisnis coffee shop pun mewabah di mana-mana.Secangkir
kopi memang ideal untuk diseruput kapan saja.Entah untuk ‘suntikan’ energi di
pagi hari, membuang rasa enek setelah makan siang, atau hangout bersama teman
sepulang kerja, sepulang sekolah, dan jika banyak waktu kosong. Ngopi dan
duduk-duduk santai di kedai juga telah menjadi kebutuhan warga kota besar. Dan
menjadi Kepopuleran gaya hidup ini membuat pengusaha banyak sekali ingin
membuka kedai kopi karna mulai kalangan remaja hingga kalangan tua sangat
menyukai sekali yang namanya kumpul ditempat kopi dengan alasan lebih santai
dan sangat nyaman suasana yang sangat
tenang dengan ditemani secangkir kopi dengan berbagai gaya macam rasa yang
diciptakan oleh pengusaha kopi tersebut. Apa lagi kopi sekarang banyak berbagai
macam rasa dan fariasi dengan adanya kreatif mengubah coffe dengan berbagai
macam ragam, sehingga pencinta coffe sangat menyukainya.
Visi saya di perusahaan Coffe shop BNW adalah menjadikan warung kopi
sederhana ini mencapai eksistensi puncak sebagai rumah kedua yang
membuat konsumen tertarik untuk kembali lagi.
Misi Coffe shop BNW yaitu
membuat desain yang unik
dan menarik sehingga perasaan konsumen lebih relaks ketika berada di wCoffe shop BNW dengan suasana yang sederhana namun comfortable. Selain
itu, Coffe
shop BNW menyediakan menu seduhan yang
bervariasi sehingga konsumen memiliki berbagai macam pilihan dan tidak merasa
jenuh.
Tujuan Tujuan perusahaan adalah :
1. Menjaga eksistensi perusahaan
dan pengembangan usahanya serta meningkatkan kesejahteraan pemilik usaha dan karyawan.
2. Meningkatkan jumlah
pelanggan/konsumen baru.
3. Memuaskan pelanggan serta
meminimalkan klaim dan
akuisisi oleh
pesaing.
4. Mencapai visi dan misi yang
didukung oleh perkembangan teknologi dalam perusahaan
Nama
perusahan yaitu Coffe Shop BNW diambil dari pikiran saya
karna kopi itu memiliki struktur yang gelap makanya saya menggunakan kata BNW
dan coffe itu saya ambil dari kata bahasa inggirs mengapa saya mengambil dengan
bahas inggris agar modern sedikit dan shop itu seperti nama toko tersebut,
tidak ada arti penting dalam nama perusahaan ini namun semoga berhasil dengan
bisnis ini.
Lokasi
Alamatperusahaan
: Jl. Bukit dago selatan RT05/04 no2,Bandung. Saya memilih lokasi ini karena
tempatnya sangat strategis, Coffe Shop BNW ini berbentuk ruko yang berada
dipinggir jalan raya sehingga banyak orang yang dapat dengan mudah melihat
dengan jelas Coffe Shop BNW. Coffe Shop BNW ini deka tdengan sekolah,
kantor-kantor, dan universitas seperti UNISBA,UNIKOM,UNPAD DU, UNPAD DAGO, ITB.
Sehingga banyak serkali peluang Coffe Shop BNW mempermudah kami untuk menarik
pelanggan datang ke Coffe Shop BNW karna letaknya yang strategis dan mudah
untuk di jangkau.
Penjelasan
produk
Adalah konsep dasar dari Coffe shop BNW. Dengan penggunaan alat pembuat kopi yang
unik yaitu Vietnam
Drip Plunger terbukti menjadi daya tarik tambahan untuk
positioningnya. Dan ada beberapa
konsep yang di usung dari warung kopi skala kecil hingga neo-modern. Tetapi,
yang mengusung konsep tradisional plus alat yang unik hanya
satu yaitu di Coffe
shop BNW. Penataan suasana yang terkadang “melow” terkadang pula “menggelegar” namun
nyaman mampu membuat para konsumen betah untuk berlama-lama di Coffe shop BNW ini.
Positioning yang kuat ini mampu memberikan ruang yang cukup untuk benak
pelanggan maupun calon pelanggan. Bersaing dengan warung kopi lain di benak
pelanggan. Benar-benar unik dan berbeda adalah salah satu modal utama untuk
bisa berkembang secara pesat di era saat ini. Maka dari itu, konsep simple but comfortable hanya di
terima jika konsep yang dimiliki bisa disesuaikan dengan konsep tradisional Coffe shop BNW. Produk-produk
utama yang ditawarkan adalah berbagai seduhan yang secara garis besar dapat
digolongkan menjadi empat bagian yaitu coffee, special
coffee, Milk Based, juice and others. Produk dijual dengan harga
terjangkau yang telah ditentukan dengan pertimbangan strategis serta
memungkinkan untuk bersaing dengan produk lain dan produk substitusi
yang dijual oleh para pesaing.
Promosi
Proses
komunikasi sangat penting di dunia bisnis. Karena itu pihak pengusaha menyadari
betapa pentingnya penyediaan sarana komunikasi dengan prospek atau calon pelanggan
maupun yang sudah menjadi pelanggan
Coffe shop BNW. Ada beberapa tahapan dalam proses komunikasi produk Coffe shop BNW,mulai dari
proses komunikasi pengenalan produk, peningkatan loyalitas pelanggan, hingga
peningkatan brand imagewarung Coffe shop BNW di mata
masyarakat.
Ada beberapa
fasilitas yang diberikan warung kopi kepada konsumen loyalnya (pelanggan).
Salah satunya adalah melalui hiburan berkala seperti event NOBAR (Nonton
Bareng Sepak Bola), live musik indie, acara ajang fotografi dan lainya.
Segmentasi Pasar atau
sasaran
Segmentasi
pasar yang di ambil
Coffe shop BNW adalah masyarakat muda yang berumur antara 17 hingga 50 tahun. Walaupun pada kenyataannya,
peminat dari berbagai varian menu Coffe shop BNW banyak juga pelanggan yang usia 35 tahun ke atas. Fokus
terhadap target konsumen Coffe
shop BNW akan membuat
hasil yang maksimal sesuai dengan strategi marketing yang ada.
Kemudahan proses promosi yang sangat cepat melalui word of mouth yaitu
segmen anak muda memang menjadi tujuan awal strategi pasar Coffe shop BNW Di samping
tingkat kepercayaan yang tinggi akan proses komunikasi.
Latar belakang bisnis
Alasan
kami menawarkan minuman coffe ini adalah saat ini coffe sangat menjadi tren
tersendiri di kalangan para remaja maupun kalangan tingkat tinggi
Namundemikian, meskipun minuman cffe sangat banyak sekali fariasi tetapi tidak
ada sama sekali untuk minder dalam bisnis ini. Di sini kami memciptakan
berbagai macam farisi coffe yang snagat unik dan sangat banyak rasa sehingga
kosumen tidak akan bosen datang ke Coffe Shop BNW kami.
Sumber Daya Manusia
Untuk memulai
bisnisnya, Coffe
shop BNW tidaklah
membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Inti dari usaha ini adalah
ketersediaan barista yang mempunyai keterampilan di bidang coffee shop danFnB atau
yang biasa di sebut Food n Beverages serta pramusaji yang
berperan sangat penting untuk keberlangsungan usaha ini. Sumber daya manusia
yang terdapat di Coffe
shop BNW sekarang berjumlah 14 orang termasuk
CEO/pemilik.
PotensiBisnis
Coffe sShop BNW ini memiliki peluang bisnis yang cukup
menjanjikan.Karena telah merebak nya modernisasi di kalangan remaja maupun
dewasa mulai dari kalangan remaja sampai tingkat dewasa. Dan diantara mereka
terkadang merasa bosan dengan rasa coffe yang biasa saja maka dari itu kita
memiliki fariasi yang sangat banyak dan unik yang itu-itu saja. Tidak seperti
coffe shop yang lain. Terkadang mereka merasa bosan.Tetapi apabila telah
disediakan rasa coffe yang berbagai macam rasa, serta dilengkapi dengan
berbagai rekomendasi rasa maupun gaya, pasti akan menarik perhatianya.
Konsep
perusahaan dari Coffe Shop BNW
Simple but comfortable Coffee
Shop adalah
konsep dasar dari Coffe
shop BNW. Dengan penggunaan alat pembuat kopi yang
unik yaitu Vietnam
Drip Plunger terbukti menjadi daya tarik tambahan untuk
positioningnya. Dan ada beberapa
konsep yang di usung dari warung kopi skala kecil hingga neo-modern. Tetapi,
yang mengusung konsep tradisional plus alat yang unik hanya
satu yaitu di Coffe
shop BNW. Penataan suasana yang terkadang “melow” terkadang pula “menggelegar” namun
nyaman mampu membuat para konsumen betah untuk berlama-lama di Coffe shop BNW ini.
Positioning yang kuat ini mampu memberikan ruang yang cukup untuk benak
pelanggan maupun calon pelanggan. Bersaing dengan warung kopi lain di benak
pelanggan. Benar-benar unik dan berbeda adalah salah satu modal utama untuk
bisa berkembang secara pesat di era saat ini. Maka dari itu, konsep simple but comfortable hanya di
terima jika konsep yang dimiliki bisa disesuaikan dengan konsep tradisional Coffe shop BNW.
Service
Coffe Shop BNW
Konsep
pelayanan dari Coffe
shop BNW dengan tagline “mempererat tali silaturahmi” menjadikan
warung kopi ini berkomitmen akan memberikan pelayanan yang paling baik untuk
pelanggan. Bukan sekedar pelayanan standar yang baik, Coffe shop BNW mempunyai
sistem pelayanan yang mengutamakan persahabatan dan silaturahmi dengan
konsumen. Para karyawan harus memiliki kemampuan menghafal dengan perawakan
setiap konsumen, menu apa yang biasa di pesan dan lain sebagainya.
Coffe shop BNW memberikan
pelayanan internet gratis bagi para pelanggannya. Denganbermodal laptop, pc tablet atau hp
berfeatures wi-fi, konsumen dapat
menikmati layanan internet network secara gratis selama 24 jam penuh.
Surfing sambil
ngopi menjadi tradisi yang kuat di kalangan anak muda pada era sekarang ini.
Internet akan mendukung semua hal yang konsumen cari untuk proses belajar yang
tidak mengenal usia.
Promosi Coffe
Shop BNW
Proses
komunikasi sangat penting di dunia bisnis. Karena itu pihak pengusaha menyadari
betapa pentingnya penyediaan sarana komunikasi dengan prospek atau calon pelanggan
maupun yang sudah menjadi pelanggan
Coffe shop BNW. Ada beberapa tahapan dalam proses komunikasi produk Coffe shop BNW,mulai dari
proses komunikasi pengenalan produk, peningkatan loyalitas pelanggan, hingga
peningkatan brand imagewarung Coffe shop BNW di mata
masyarakat.
Ada beberapa
fasilitas yang diberikan warung kopi kepada konsumen loyalnya (pelanggan).
Salah satunya adalah melalui hiburan berkala seperti event NOBAR (Nonton
Bareng Sepak Bola), live musik indie, acara ajang fotografi dan lainya.
Sumber Daya Manusia
Untuk memulai
bisnisnya, Coffe
shop BNW tidaklah
membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Inti dari usaha ini adalah
ketersediaan barista yang mempunyai keterampilan di bidang coffee shop danFnB atau
yang biasa di sebut Food n Beverages serta pramusaji yang
berperan sangat penting untuk keberlangsungan usaha ini. Sumber daya manusia
yang terdapat di Coffe
shop BNW sekarang berjumlah 14 orang termasuk
CEO/pemilik.
Perekonomian dalam geografi disekitar Coffe shop BNW khususnya
konsumen target usia 17-18tahun
(mahasiswa, pelajar dan khalayak muda) mungkin menjadi kendala yang cukup berarti, hal ini
dikarenakan rata-rata memiliki pendapatan yang tidak tetap dan rendah. Sehingga akan menjadi pertimbangan
yang matang bagi konsumen untuk membeli produk-produk spesial yang menjadi andalan Coffe shop BNW.Sehingga
rata-rata konsumen hanya akan membeli produk dengan alasan produk tersebut
memiliki harga termurah di Coffe
shop BNW.
Terkait globalisasi, perkonomian nasional dapat
mempengaruhi kehidupan perusahaan apabila terjadi suatu masalah seperti naiknya
harga BBM. maka biaya transportasi untuk suplai barang akan meningkat, hal itu
berpengaruh buruk pada warung kopi Cak Wang terkait biaya tambahan yang harus
dikeluarkan.
Lingkungan umum atau pesaing
Coffe shop BNW dalam hal ini
memiliki banyak pesaing
di sekitar
daerah perkuliahan(kampus).
Melihat kondisi dari segi pelayanan, teknologi, lokasi, dan
perkembangannya, terdapat beberapa pesaing yang cukup
berarti, seperti Campus Resto, Benoa Cafe, Smart Cafe, Cafe 91 dll. Persaingan industri dalam bidang ini tampak tinggi
yang ditunjukkan oleh besarnya peluang bagi pelaku bisnis untuk masuk dalam
industri sejenis, begitu pula dengan banyaknya pelaku bisnis yang telah
berinvestasi dalam industri yang sama, ditambah lagi budaya dari konsumen
target yang menunjukkan perilaku antusias dan banyak menghabiskan waktu
senggangnya untuk mnyantap jamua di sebuah warung/cafe.
STRUKTUR ORGANISASI Coffe Shop BNW
Job Description :
Owner yaitu sebagai
pemilik usaha bertugas sebagai memantau usaha, menerima laporan dari hasil
usaha yang telah di dapat oleh perusahaan dan terus menambah dan menciptakan
rasa-rasa unik untuk menambah rasa unik coffe dan mengembangkan dan
mempertingkat cita rasa untuk menambah menu baru di Coffe Shop BNW.
Asisten Owner sebagai
penanggung jawab untuk mempertanggung jawabkan mengenai kejadian-kejadian yang
ada di perusaahan Coffe Shop BNW dan untuk memantau cara kerja bagaimana
bawahan atau pegawainya kerja untuk melayani kosumen yang data ke Coffe Shop
BNW.
Sekretaris bertugas
untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan mencatat
pengeluaran, indormasi perusahaan dan daya yang penting di perusahaan.
Kasir sebagai pusat pembayaran atau proses
transaksi antara pembeli dan penjual, dan bertanggung jawab atas jumlah
pendapatan dengan produk yang terjual
Bag produksi
mengelola bahan-bahan untuk perusahaan Coffe Shop BNW untuk diproduksi .
Pemasaran melayani
konsumen jika ada yang bertanya atau membutuhkan saran favorite utama di Coffe
Shop BNW yang ingin dibeli, biasanya yang membutuhkan saran itu baru datang
pertama kali ke Coffe Shop BNW kami.
Dan kami memiliki
beberapa pegawai yang kami pekerjakan diperusahaan kami, dan setiap pegawai
kami beri hak yang pantas mereka dapatkan, hak yang mereka dapatkan :
1. Mendapat
gaji berstandar UMR
2. Cuti
yang kami berikan yaitu cuti tahunan, dan cuti sakit.
Selain itu pegawai
pun memiliki kewajiban, kewajibanya itu adalah :
1. Menjaga
dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan
2. Menjaga
rahasia perusahaan yang telah dimiliki oleh perusahaan dan jabatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar