NUR HIJAB
Ø Identifikasi Peluang
Bisnis
Dewasa
ini, kebudayaan berkerudung semakin meluas. Banyak para wanita yang kini
memilih untuk berkerudung. Dan tidak sedikit pula hijab kini dijadikan salah
satu tren busana yang banyak diminati, pelatihan softskill khusus di dunia
kampus yang membahas tentang kerohanian islam dan menganjurkan setiap muslim
menutup aurat. Namun demikian, anjuran untuk menutup aurat tersebut agaknya
sedikit terabaikan. Karena banyak mahasiswi yang merasa dengan berkerudung
membatasi kreativitas fashion bagi mereka.
Padahal
sebenarnya berkerudung justru membuat wanita terlihat semakin cantik dan
anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi jilbab yang dikenakan
menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang dikenakan.
Berkerudung terkadang juga menimbulkan berbagai kesan seperti panas, ribet dan
membatasi gerak. Namun jika dilihat dari sisi baiknya, berkerudung membuat
wanita semakin terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam
dirinya. Untuk itu, agar membuat wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan
membuang kesan buruk tentang berkerudung, kami menawarkan produk yaitu hijab
dengan berbagai macam model dan variasi warna yang lengkap.
Ø Modal
Saya
memiliki modal Rp. 40.000.000,-. Modal ini saya dapatkan dari uang tabungan
sendiri dan pemberian orangtua yang memang mendukung usaha saya dalam membuka
bisnis fashion.
Ø Penjelasan Nur Hijab
Usaha
yang saya pilih adalah usaha yang bergerak dalam bidang fashion. Fashion yang
saya pilih adalah bisnis hijab. Visi saya dalam memilih bisnis hijab ini adalah
bisa menjadi inspirasi atau menginspirasi muslimah di luar sana untuk berhijab.
Adapun misi yang saya miliki adalah selain menjadikan bisnis ini sebagai syiar,
juga berusaha menciptakan satu bentuk model hijab yang memang sesuai dengan
rule Islam, yatu syar’i. karena tujuan bisnis hijab ini adalah menjalankan
bisnis yang sesuai dengan aturan Islam. Yaitu bisnis barokah, tidak hanya
sukses dunia tapi juga akhirat.
Nama
perusahaannya yaitu Nur Hijab diambil dari nama tengah saya “Rina Nur Afrida”.
Nur Hijab sendiri memiliki makna tersendiri, nur merupakan cahaya dan hijab
merukan berhijab jadi Nur Hijab memiliki makna cahaya dalam berhijab.
Ø Tujuan
Tujuan
Umum
a. Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b. Membudayakan kebiasaan berjilbab di
kalangan muslimah
c. Membuat produk yang dapat menjadi gaya
berpenampilan modis bagi yang menggunakannya
Tujuan
Khusus
a. Membantu wanita muslim mengekspolasi
kreativitas dalam berjilbab
b. Memberi pilihan yang memudahkan para
wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat
Ø Lokasi
Alamat
perusahaan : Jl. Ujungberung RT05/06 no 12, kec. Ujungberung kel. Pasirjati,
Bandung. Saya memilih lokasi ini karena tempatnya sangat strategis, toko Nur
Hijab ini berbentuk ruko yang berada dipinggir jalan raya sehingga banyak orang
yang dapat dengan mudah melihat dengan jelas toko Nur Hijab. Toko Nur Hijab ini
dekat dengan sekolah, kantor-kantor, Masjid Besar Ujungberung dan tempat
perumahan sehingga memudahkan kami untuk menarik pelanggan berbelanja di toko
Nur Hijab karena letaknya yang strategis.
Ø Penjelasan Produk
Jilbab
dari Nur Hijab ini memiliki bahan yang dingin, lembut dan nyaman. Nur Hijab
menyediakan berbagai macam bahan, model dan warna. Cara membuat produk kami
bisa dibilang susah susah gampang. Karena sebenarnya hanya membutuhkan
ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Selain menyajikan jilbab,
kami juga menyelipkan berbagai model atau cara pakai jilbab yang bisa dicontoh
pada setiap kemasan jilbab. Model tersebut berbentuk tutorial hijab, sehingga
mempermudah konsumen untuk mempelajari cara memakainya. Selain memberi model
atau contoh cara pakai, kami juga
memberi rekomendasi tentang baju apa yang pantas di pakai dan warna apa yang
sesuai.
Ø Latar Belakang Bisnis
Alasan
kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi tren tersendiri
di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung
cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat
adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab
tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan
dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa
mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan
lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu
wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah
diwajibkan oleh agama.
Ø Potensi Bisnis
Produk
ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya
kebudayaan berkerudung di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu
saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang
mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung
merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan
beraneka macam model dan warnanya, serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi
model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.
Ø Analisis SWOT
Faktor
Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami
menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai keagamaan dan dipadukan dengan
unsur keindahan. Kami juga menyelipkan cara pakai jilbab yang memudahkan
penggunaannya.
b. Keterampilan dan keahlian
Kami
memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif jilbab dan keahlian
memadupadankan jilbab dengan dalamannya.
c. Bahan baku mudah di dapat
Bahan
baku pembuatan jilbab ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya
tidak begitu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan
pilihan hijab.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman
untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang
harus diatasi.
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan
sumber daya manusia sebagi produsen atau pengrajin jilbab. Dalam menjahit dan
menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa
melakukannya.
Faktor
Eksternal
1) Opportunities ( Peluang )
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya
wanita muslim yang berkerudung. Dan dengan produk ini akan menambah minat
wanita untuk berkerudung.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran
bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang
mayoritas muslim dan berkerudung.
2) Threats ( Ancaman )
a. Keacuhan konsumen
Terkadang
wanita berjilbab kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat
mereka tampil apa adanya.
Ø Analisis resiko usaha
dan antisipasinya
Setiap
perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan
berbagai resiko sebagai berikut.
a. Produk kurang menarik minat muslimah.
Manusia
memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian
dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang
memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa
percaya diri.
b. Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya
barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang.
Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
c. Modal usaha
Hijab
ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa
dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu
kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat dapat
mendukung keberlangsungan usaha.
Antisipasi
kami terhadap resiko-tersebut:
a. Produk kurang menarik minat muslimah
Setiap
orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami
mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi
secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk
mendapatkan keuntunga. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita
memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk
memperhatikan dan mencoba produk kami.
b. Jilbab yang kadaluarsa
Kami
melakukan antisipasi dengan membuat peta produksi. Dimana telah ditentukan
barang mana yang harus diedarkan dan haru telah ditarik kembali dari peredaran
pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak ada penumpukan barang yang
membuat konsumen selalu melihat barang sama. Barang yang telah ditarik tersebut
akan kembali dirombak dan dijadikan produk baru yang kemudian diedarkan
kembali.
c. Modal usaha
Modal
usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu bisnis. Untuk memenuhi modal
usaha kami memilih untuk melakukan peminjaman kepada bank yang memiliki bunga
peminjaman terkecil.
Ø Sasaran dan Target
Pasar
Sasaran
kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berjilbab
maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas
penduduknya beragama Islam serta kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami
menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain
itu kami juga mempunyai rumah produksi dan toko Nur Hijab yang siap didatangi
siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk
program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat
perbelanjaan seperti mall. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan
fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan. Sasaran kami tetap yaitu semua
wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami
menggalakkan promosi di berbagai media, seperti media elektronik. Hal ini kami
maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
Ø Sarana dan Prasarana
Selain
menggunakan rumah produksi dan toko Nur Hijab sebagai media promosi dan tempat
traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik
maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, online shop, blog,
facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan
prosedur atau tata cara memakai hijab.
Ø Sumber Daya Manusia
Untuk
usaha awal, kami hanya menggunakan sumber daya manusia dari keseluruhan anggota
yang ada. Dimana terdiri dari 5 orang. Meskipun jumlahnya belum memenuhi. Namun
hal ini sudah menjadi modal yang luar biasa bagi usaha hijab kami. Kami yakin,
dari segala keterampilan yang kami miliki serta keyakinan diri untuk
mengembangkan usaha bersama akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan.
Ø Struktur organisasi Nur
Hijab
Ø Job Deskripsi
Tugas
Owner : saya sebagai pemilik toko Nur Hijab memeiliki tugas untuk mengawasi
keuangan, mengawasi kegiatan penjualan barang produksi dan memegang wewenang
dalam seluruh kegiatan penjualan di toko Nur Hijab.
Tugas
Bagian Produksi : bertugas untuk menentukan desain, model, merancang
bahan-bahan, meciptakan ide-ide baru dan membuat jilbab.
Tugas
Bagian Keuangan : bertugas untuk menghitung dan mencatat seluruh kegiatan
pemasukan dan pengeluaran uang di toko Nur Hijab.
Tugas
Bagian Pemasaran : bertugas untuk memasarkan dan mempromosikan produk hijab.
Tugas
Bagian Kepegawaian : bertugas untuk menjaga toko dan merapihkan toko Nur Hijab.
Ø Persyaratan menjadi
pegawai
Lowongan
Nur Hijab Posisi :
a. Bagian
Produksi
Syarat
Pencaker :
Beragama
islam
Pria
/ Wanita usia maksimal 28 tahun
Pendidikan
min D3 Fashion Designer / Tata busana
Dapat
mengoperasikan komputer min Ms.Office dan menguasai Corel Draw, Adobe Photo
Shop
Mengetahui
trend tentang fashion
Energik,
kreatif dan Imajinatif
Inovatif
dalam Fashion dan menyukai tantangan
Bekerja
teliti, cermat, efektif, dan dapat bekerja dalam tim
b. Bagian
Keuangan
Syarat
Pencaker :
Beragama
Islam
Pria/Wanita,
Usia maks 28 tahun
Pendidikan
min D3/S1 jurusan Akuntansi/Keuangan
Bisa
mengoperasikan komputer akuntansi dan Microsoft Office
Mengerti
laporan keuangan
Bisa
bekerja secara individu atau team
Bisa
bekerja target oriented
Penguasaan
tentang fixed asset
c. Bagian
Pemasaran
Syarat
Pencaker :
Beragama
Islam
Pria/Wanita,
Usia maks 28 tahun
Pendidikan
min D3
Bisa
berbicara didepan orang banyak
Mampu
mempromosikan dengan baik
d. Bagian
Kepegawaian
Syarat
Pencaker :
Beragama
Islam
Pria/Wanita,
Usia maks 28 tahun
Pendidikan
min SMA dan sederajat
Jujur
dan bertanggungjawab
Ø Recuitmen, Hak dan
Kewajiban
Proses
merekrut pegawai Nur Hijab yaitu dimulai dari tahap perencanaan yaitu
perekrutan dimedia social, pengumuman atau recuitmen diumumkan, proses
pelamaran yaitu calon pegawai melampirkan CV, dan proses seleksi yaitu yang
pertama seleksi administrasi, seleksi keahlian atau kompetensi, seleksi lisan.
Setelah calon pegawai diterima oleh Nur Hijab para pegawai pun akan mendapatkan
Hak dan kewajiban yang sesuai.
Hak
pokok yang diberikan Nur Hijab kepada
para pegawai :
·
Gaji
·
Cuti (cuti sakit,
alasan penting, cuti tahunan)
·
Tunjangan cacat
·
Uang duka
Kewajiban
para pegawai :
·
Setia dan taat kepada
Undang-Undang Dasar, Pancasila dan Agama
·
Menjaga dan mentaati
peraturan yang berlaku
·
Menjaga rahasia
perusahaan
·
Jujur dan
bertanggungjawab
Ø Catatan
Terjadi
perubahan modal dan jumlah sumber daya
manusia dikarenakan faktor-faktor yang diharapkan bisa membangun usaha Nur
Hijab ini lebih baik lagi, lebih efisien dan efektif sehingga semuanya berjalan
sesuai yang diharapkan.
Kesimpulan
Toko
Nur Hijab merupakan suatu jenis toko jilbab yang memiliki berbagai macam model,
dan warna yang lengkap. Kami juga memberikan jasa konsultasi dan album tutorial
pada setiap kemasan jilbab yang kami pasarkan. Produk kami ini bertujuan
membantu kaum muslim untuk mengeksplorasi kreativitas fashion mereka. Sehingga
dapat menarik minat para muslimin untuk memakai jilbab. Proses pemasaran kami
lakukan melalui berbagai media. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan
yang kami gunakan. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab sesuai
selera konsumen.
Saran
Produk
menitikberatkan kepada unsur keindahan yang terkandung di dalamnya.
Keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami. Selain
itu, kami memiliki tujuan untuk membantu wanita muslim untuk mematuhi kewajiban
menutup aurat, sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dari segala pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar