Rabu, 21 Oktober 2015

NUR HIJAB (Oleh Rina Nur Afrida 170103140025)

NUR HIJAB

Ø  Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, kebudayaan berkerudung semakin meluas. Banyak para wanita yang kini memilih untuk berkerudung. Dan tidak sedikit pula hijab kini dijadikan salah satu tren busana yang banyak diminati, pelatihan softskill khusus di dunia kampus yang membahas tentang kerohanian islam dan menganjurkan setiap muslim menutup aurat. Namun demikian, anjuran untuk menutup aurat tersebut agaknya sedikit terabaikan. Karena banyak mahasiswi yang merasa dengan berkerudung membatasi kreativitas fashion bagi mereka.
Padahal sebenarnya berkerudung justru membuat wanita terlihat semakin cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi jilbab yang dikenakan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang dikenakan. Berkerudung terkadang juga menimbulkan berbagai kesan seperti panas, ribet dan membatasi gerak. Namun jika dilihat dari sisi baiknya, berkerudung membuat wanita semakin terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam dirinya. Untuk itu, agar membuat wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan membuang kesan buruk tentang berkerudung, kami menawarkan produk yaitu hijab dengan berbagai macam model dan variasi warna yang lengkap.
Ø  Modal
Saya memiliki modal Rp. 40.000.000,-. Modal ini saya dapatkan dari uang tabungan sendiri dan pemberian orangtua yang memang mendukung usaha saya dalam membuka bisnis fashion.
Ø  Penjelasan Nur Hijab
Usaha yang saya pilih adalah usaha yang bergerak dalam bidang fashion. Fashion yang saya pilih adalah bisnis hijab. Visi saya dalam memilih bisnis hijab ini adalah bisa menjadi inspirasi atau menginspirasi muslimah di luar sana untuk berhijab. Adapun misi yang saya miliki adalah selain menjadikan bisnis ini sebagai syiar, juga berusaha menciptakan satu bentuk model hijab yang memang sesuai dengan rule Islam, yatu syar’i. karena tujuan bisnis hijab ini adalah menjalankan bisnis yang sesuai dengan aturan Islam. Yaitu bisnis barokah, tidak hanya sukses dunia tapi juga akhirat.
Nama perusahaannya yaitu Nur Hijab diambil dari nama tengah saya “Rina Nur Afrida”. Nur Hijab sendiri memiliki makna tersendiri, nur merupakan cahaya dan hijab merukan berhijab jadi Nur Hijab memiliki makna cahaya dalam berhijab.
Ø  Tujuan
Tujuan Umum
a.      Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b.      Membudayakan kebiasaan berjilbab di kalangan muslimah
c.       Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang menggunakannya
Tujuan Khusus
a.      Membantu wanita muslim mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab
b.      Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat
Ø  Lokasi
Alamat perusahaan : Jl. Ujungberung RT05/06 no 12, kec. Ujungberung kel. Pasirjati, Bandung. Saya memilih lokasi ini karena tempatnya sangat strategis, toko Nur Hijab ini berbentuk ruko yang berada dipinggir jalan raya sehingga banyak orang yang dapat dengan mudah melihat dengan jelas toko Nur Hijab. Toko Nur Hijab ini dekat dengan sekolah, kantor-kantor, Masjid Besar Ujungberung dan tempat perumahan sehingga memudahkan kami untuk menarik pelanggan berbelanja di toko Nur Hijab karena letaknya yang strategis.
Ø  Penjelasan Produk
Jilbab dari Nur Hijab ini memiliki bahan yang dingin, lembut dan nyaman. Nur Hijab menyediakan berbagai macam bahan, model dan warna. Cara membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang. Karena sebenarnya hanya membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Selain menyajikan jilbab, kami juga menyelipkan berbagai model atau cara pakai jilbab yang bisa dicontoh pada setiap kemasan jilbab. Model tersebut berbentuk tutorial hijab, sehingga mempermudah konsumen untuk mempelajari cara memakainya. Selain memberi model atau  contoh cara pakai, kami juga memberi rekomendasi tentang baju apa yang pantas di pakai dan warna apa yang sesuai.
Ø  Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi tren tersendiri di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.
Ø  Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya kebudayaan berkerudung di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan beraneka macam model dan warnanya, serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.
Ø  Analisis SWOT
Faktor Internal
1)      Strength (Kekuatan)
a.      Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai keagamaan dan dipadukan dengan unsur keindahan. Kami juga menyelipkan cara pakai jilbab yang memudahkan penggunaannya.
b.      Keterampilan dan keahlian
Kami memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif jilbab dan keahlian memadupadankan jilbab dengan dalamannya.
c.       Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan jilbab ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya tidak begitu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan pilihan hijab.
2)      Weakness (Kelemahan)
a.      Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pengrajin jilbab. Dalam menjahit dan menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa melakukannya.

Faktor Eksternal
1)      Opportunities ( Peluang )
a.      Banyaknya konsumen
Banyaknya wanita muslim yang berkerudung. Dan dengan produk ini akan menambah minat wanita untuk berkerudung.
b.      Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang mayoritas muslim dan berkerudung.
2)      Threats ( Ancaman )
a.      Keacuhan konsumen
Terkadang wanita berjilbab kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat mereka tampil apa adanya.
Ø  Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut.
a.      Produk kurang menarik minat muslimah.
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.
b.      Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
c.       Modal usaha
Hijab ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.
Antisipasi kami terhadap resiko-tersebut:
a.      Produk kurang menarik minat muslimah
Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntunga. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.
b.      Jilbab yang kadaluarsa
Kami melakukan antisipasi dengan membuat peta produksi. Dimana telah ditentukan barang mana yang harus diedarkan dan haru telah ditarik kembali dari peredaran pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak ada penumpukan barang yang membuat konsumen selalu melihat barang sama. Barang yang telah ditarik tersebut akan kembali dirombak dan dijadikan produk baru yang kemudian diedarkan kembali.
c.       Modal usaha
Modal usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu bisnis. Untuk memenuhi modal usaha kami memilih untuk melakukan peminjaman kepada bank yang memiliki bunga peminjaman terkecil.
Ø  Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berjilbab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam serta kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi dan toko Nur Hijab yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti mall. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan. Sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media, seperti media elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
Ø  Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi dan toko Nur Hijab sebagai media promosi dan tempat traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara memakai hijab.
Ø  Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, kami hanya menggunakan sumber daya manusia dari keseluruhan anggota yang ada. Dimana terdiri dari 5 orang. Meskipun jumlahnya belum memenuhi. Namun hal ini sudah menjadi modal yang luar biasa bagi usaha hijab kami. Kami yakin, dari segala keterampilan yang kami miliki serta keyakinan diri untuk mengembangkan usaha bersama akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan.
Ø  Struktur organisasi Nur Hijab






Ø  Job Deskripsi
Tugas Owner : saya sebagai pemilik toko Nur Hijab memeiliki tugas untuk mengawasi keuangan, mengawasi kegiatan penjualan barang produksi dan memegang wewenang dalam seluruh kegiatan penjualan di toko Nur Hijab.
Tugas Bagian Produksi : bertugas untuk menentukan desain, model, merancang bahan-bahan, meciptakan ide-ide baru dan membuat jilbab.
Tugas Bagian Keuangan : bertugas untuk menghitung dan mencatat seluruh kegiatan pemasukan dan pengeluaran uang di toko Nur Hijab.
Tugas Bagian Pemasaran : bertugas untuk memasarkan dan mempromosikan produk hijab.
Tugas Bagian Kepegawaian : bertugas untuk menjaga toko dan merapihkan toko Nur Hijab.
Ø  Persyaratan menjadi pegawai
Lowongan Nur Hijab Posisi :
a.       Bagian Produksi
Syarat Pencaker :
Beragama islam
Pria / Wanita usia maksimal 28 tahun
Pendidikan min D3 Fashion Designer / Tata busana
Dapat mengoperasikan komputer min Ms.Office dan menguasai Corel Draw, Adobe Photo Shop
Mengetahui trend tentang fashion
Energik, kreatif dan Imajinatif
Inovatif dalam Fashion dan menyukai tantangan
Bekerja teliti, cermat, efektif, dan dapat bekerja dalam tim
b.      Bagian Keuangan
Syarat Pencaker :
Beragama Islam
Pria/Wanita, Usia maks 28 tahun
Pendidikan min D3/S1 jurusan Akuntansi/Keuangan
Bisa mengoperasikan komputer akuntansi dan Microsoft Office
Mengerti laporan keuangan
Bisa bekerja secara individu atau team
Bisa bekerja target oriented
Penguasaan tentang fixed asset
c.       Bagian Pemasaran
Syarat Pencaker :
Beragama Islam
Pria/Wanita, Usia maks 28 tahun
Pendidikan min D3
Bisa berbicara didepan orang banyak
Mampu mempromosikan dengan baik
d.      Bagian Kepegawaian
Syarat Pencaker :
Beragama Islam
Pria/Wanita, Usia maks 28 tahun
Pendidikan min SMA dan sederajat
Jujur dan bertanggungjawab
Ø  Recuitmen, Hak dan Kewajiban
Proses merekrut pegawai Nur Hijab yaitu dimulai dari tahap perencanaan yaitu perekrutan dimedia social, pengumuman atau recuitmen diumumkan, proses pelamaran yaitu calon pegawai melampirkan CV, dan proses seleksi yaitu yang pertama seleksi administrasi, seleksi keahlian atau kompetensi, seleksi lisan. Setelah calon pegawai diterima oleh Nur Hijab para pegawai pun akan mendapatkan Hak dan kewajiban yang sesuai.
Hak pokok yang diberikan Nur Hijab kepada  para pegawai :
·         Gaji
·         Cuti (cuti sakit, alasan penting, cuti tahunan)
·         Tunjangan cacat
·         Uang duka
Kewajiban para pegawai :
·         Setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar, Pancasila dan Agama
·         Menjaga dan mentaati peraturan yang berlaku
·         Menjaga rahasia perusahaan
·         Jujur dan bertanggungjawab

Ø  Catatan
Terjadi perubahan modal dan  jumlah sumber daya manusia dikarenakan faktor-faktor yang diharapkan bisa membangun usaha Nur Hijab ini lebih baik lagi, lebih efisien dan efektif sehingga semuanya berjalan sesuai yang diharapkan.



Kesimpulan
Toko Nur Hijab merupakan suatu jenis toko jilbab yang memiliki berbagai macam model, dan warna yang lengkap. Kami juga memberikan jasa konsultasi dan album tutorial pada setiap kemasan jilbab yang kami pasarkan. Produk kami ini bertujuan membantu kaum muslim untuk mengeksplorasi kreativitas fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimin untuk memakai jilbab. Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai media. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan yang kami gunakan. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab sesuai selera konsumen.
Saran

Produk menitikberatkan kepada unsur keindahan yang terkandung di dalamnya. Keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami. Selain itu, kami memiliki tujuan untuk membantu wanita muslim untuk mematuhi kewajiban menutup aurat, sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dari segala pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar