Rabu, 21 Oktober 2015

Waroeng Peladjar - Dian Meliani Sitorus (170103140002)


Manajemen Sumber Daya Manusia



Nama : Dian Meliani Sitorus
NPM : 170103140002
Adm. Keuangan A







PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PADJADJARAN
Jln. Bukit Dago Utaram No. 25 Bandung Telp : 022-25045856 / Fax: 022-7796974


“Waroeng Peladjar”
(Tempat makan khusus pelajar)

1.    Latar Belakang
Seperti yang kita tahu, makan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang tidak bisa kita abaikan. Namun tak jarang kita tidak memperhatikan apa yang kita konsumsi sehingga pada akhirnya hal tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Konsep awal pembuatan usaha ini berangkat dari pengalaman saya sebagai seorang mahasiswi rantauan yang sering kebingungan mencari tempat makan dengan harga bersahabat namun tetap sehat dan higenis, terutama di daerah Dago. Selain itu saya juga terinspirasi dari kesukaran saya untuk mencari tempat nongkrong yang murah namun nyaman untuk mengerjakan tugas dan memiliki jaringan internet yang memadai. Hal ini yang mendorong saya untuk mencoba mengkolaborasikan kedua pengalaman saya itu menjadi sebuah usaha tempat makan yang memiliki harga ekonomis namun juga berfasilitas yang menunjang bagi para mahasiswa.

2.    Tujuan
Tujuan dibuatnya usaha ini selain karena menurut saya ini usaha yang menjanjikan, juga karena Daerah Dago, khususnya simpang Dago merupakan titik tengah dari beberapa Universitas di Bandung, sehingga menjadi salah satu tempat strategis untuk membuka usaha seperti ini. Selain itu usaha ini dapat menjadi salah satu tempat belajar mahasiswa-mahasiswa, baik mungkin hanya untuk mengerjakan tugas atau yang lainnya.

3.    Sasaran Pemasaran dan Lokasi
Sasaran saya pada usaha ini yaitu para pelajar khususnya para mahasiswa, sesuai dengan nama usaha ini Waroeng Peladjar. Lokasi yang dibutuhkan untuk usaha ini yaitu disekitaran simpang dago, mungkin dapat berupa ruko. Mengapa daerah simpang dago? Karena seperti yang telah saya katakana pada laman tujuan, simpang Dago merupakan titik tengah dari beberapa Universitas, yang dengan kata lain simpang Dago merupakan tempat yang dikelilingi oleh kost-an dan tempat para mahasiswa melakukan kegiatan mereka, dan hal ini menjadi peluang yang cukup besar untuk membuka usaha tempat makan.

4.    Fasilitas
  • Fasilitas yang disediakan di tempat makan ini yaitu:
  •  Wifi
  • Full Music
  • Beberapa computer
  • Tempat untuk charge di setiap meja
  • Full AC
  • Potongan harga / Disc bagi para mahasiswa yang memperlihatkan KTM saat melakukan pembelian.

5.    Rincian biaya
Keterangan
Debet
Kredit
Modal awal

Rp 75.000.000,-
Sewa Tempat
Rp 12.000.000,-

Meja & Kursi
Rp 10.000.000,-

Dekorasi
Rp   2.500.000,-

Fasilitas
Rp 22.500.000,-

Gaji 7 orang karyawan.
Rp 24.000.000,-

Biaya lain-lain
Rp   4.000.000,-  


6.    Kriteria pegawai
Kriteria pegawai yang dibutukan dalam usaha ini yaitu :
a.    Juru masak :
·         Berpengalaman di bidang memasak
·         Lulusan min. SMA sederajat
·         Dapat bekerja sama dengan baik
·         Usia masksimal 30 thn ( boleh pria ataupun wanita)
·         Cekatan dan telaten.
b.    Pramusaji :
·         Berusia 18-30 tahun
·         Boleh wanita ataupun pria
·         Berpenampilan menarik
·         Ramah dan dapat berkomunikasi dengan baik
·         Lulusan min. SMA sederajat
·         Dapat bekerja sama dengan baik.
c.    Kasir :
·         Wanita berusia 20-30 tahun
·         Ramah dan dapat berkomunikasi dengan baik
·         Teliti dan jujur
·         Lulusan min. SMA sederajat
·         Dapat bekerja sama dengan baik.
d.    Manajer :
·         Wanita / Pria berusia 25 – 35 tahun
·         Berpengalan dalam bidang Management
·         Lulusan min. Diploma 3
·         Jujur dan bertanggung jawab
·         Dapat bekerja sama dengan baik









7.    Bagan Organisasi




8.    Keterangan (Job desk)
·  Owner, sebagai pemilik, owner memiliki kendali akan usaha sehingga owner bertugas untuk membuat perencanaan jangka panjang untuk perusahaan agar perusahaan dapat semakin berkembang.
·         Manajer, secara tidak langsung manajer dapat dikatakan sebagai kaki tangan dari owner yang bertugas untuk mengawasi dan mengatur jalannya perusahaan agar tetap di dalam kendali.
·         Bag. Dapur, bagian dapur bertugas untuk memasak makanan yang akan disajikan kepada para konsumen.
·         Bag. Keuangan, bagian keuangan sudah jelas bertugas untuk menangai masalah-masalah yang berkaitan dengan keuangan perusahaan baik itu pengeluaran perusahaan maupun pemasukan yang diterima oleh perusahaan.
·         Bag. Keamanan, bagian ini bertugas untuk menjaga dan mengawasi keamanan di sekitar kawasan perusahaan, hal ini bertujuan untuk membereikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen.
·         Bag. Pelayanan, bagian pelayanan ini bertugas untuk melayani dan menyajikan pesanan para konsumen, selain itu bagian pelayanan juga harus bisa menjaga kebersihan kawasan usaha agar para konsumen bisa betah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar