Manajemen Sumber Daya Manusia
Nama : Dian Meliani Sitorus
NPM : 170103140002
Adm. Keuangan A
PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
PADJADJARAN
Jln. Bukit Dago Utaram No. 25 Bandung Telp : 022-25045856 / Fax: 022-7796974
“Waroeng Peladjar”
(Tempat
makan khusus pelajar)
1.
Latar
Belakang
Seperti
yang kita tahu, makan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang tidak
bisa kita abaikan. Namun tak jarang kita tidak memperhatikan apa yang kita
konsumsi sehingga pada akhirnya hal tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh
kita. Konsep awal pembuatan usaha ini berangkat dari pengalaman saya sebagai
seorang mahasiswi rantauan yang sering kebingungan mencari tempat makan dengan
harga bersahabat namun tetap sehat dan higenis, terutama di daerah Dago. Selain
itu saya juga terinspirasi dari kesukaran saya untuk mencari tempat nongkrong yang murah namun nyaman untuk
mengerjakan tugas dan memiliki jaringan internet yang memadai. Hal ini yang
mendorong saya untuk mencoba mengkolaborasikan kedua pengalaman saya itu
menjadi sebuah usaha tempat makan yang memiliki harga ekonomis namun juga
berfasilitas yang menunjang bagi para mahasiswa.
2.
Tujuan
Tujuan
dibuatnya usaha ini selain karena menurut saya ini usaha yang menjanjikan, juga
karena Daerah Dago, khususnya simpang Dago merupakan titik tengah dari beberapa
Universitas di Bandung, sehingga menjadi salah satu tempat strategis untuk
membuka usaha seperti ini. Selain itu usaha ini dapat menjadi salah satu tempat
belajar mahasiswa-mahasiswa, baik mungkin hanya untuk mengerjakan tugas atau
yang lainnya.
3.
Sasaran
Pemasaran dan Lokasi
Sasaran
saya pada usaha ini yaitu para pelajar khususnya para mahasiswa, sesuai dengan
nama usaha ini Waroeng Peladjar. Lokasi yang dibutuhkan untuk usaha ini yaitu
disekitaran simpang dago, mungkin dapat berupa ruko. Mengapa daerah simpang
dago? Karena seperti yang telah saya katakana pada laman tujuan, simpang Dago
merupakan titik tengah dari beberapa Universitas, yang dengan kata lain simpang
Dago merupakan tempat yang dikelilingi oleh kost-an dan tempat para mahasiswa
melakukan kegiatan mereka, dan hal ini menjadi peluang yang cukup besar untuk
membuka usaha tempat makan.
4.
Fasilitas
- Fasilitas yang disediakan di tempat makan ini yaitu:
- Wifi
- Full Music
- Beberapa computer
- Tempat untuk charge di setiap meja
- Full AC
- Potongan harga / Disc bagi para mahasiswa yang memperlihatkan KTM saat melakukan pembelian.
5.
Rincian
biaya
Keterangan
|
Debet
|
Kredit
|
Modal awal
|
|
Rp
75.000.000,-
|
Sewa Tempat
|
Rp
12.000.000,-
|
|
Meja & Kursi
|
Rp
10.000.000,-
|
|
Dekorasi
|
Rp 2.500.000,-
|
|
Fasilitas
|
Rp
22.500.000,-
|
|
Gaji 7 orang karyawan.
|
Rp
24.000.000,-
|
|
Biaya lain-lain
|
Rp 4.000.000,-
|
|
6.
Kriteria
pegawai
Kriteria
pegawai yang dibutukan dalam usaha ini yaitu :
a. Juru
masak :
·
Berpengalaman di bidang
memasak
·
Lulusan min. SMA sederajat
·
Dapat bekerja sama dengan
baik
·
Usia masksimal 30 thn (
boleh pria ataupun wanita)
·
Cekatan dan telaten.
b. Pramusaji
:
·
Berusia 18-30 tahun
·
Boleh wanita ataupun pria
·
Berpenampilan menarik
·
Ramah dan dapat
berkomunikasi dengan baik
·
Lulusan min. SMA sederajat
·
Dapat bekerja sama dengan
baik.
c. Kasir
:
·
Wanita berusia 20-30 tahun
·
Ramah dan dapat
berkomunikasi dengan baik
·
Teliti dan jujur
·
Lulusan min. SMA sederajat
·
Dapat bekerja sama dengan
baik.
d. Manajer
:
·
Wanita / Pria berusia 25 –
35 tahun
·
Berpengalan dalam bidang Management
·
Lulusan min. Diploma 3
·
Jujur dan bertanggung jawab
·
Dapat bekerja sama dengan
baik
7.
Bagan
Organisasi
8.
Keterangan
(Job desk)
· Owner,
sebagai pemilik, owner memiliki kendali akan
usaha sehingga owner bertugas untuk membuat perencanaan jangka panjang untuk
perusahaan agar perusahaan dapat semakin berkembang.
·
Manajer,
secara tidak langsung manajer dapat dikatakan
sebagai kaki tangan dari owner yang bertugas untuk mengawasi dan mengatur
jalannya perusahaan agar tetap di dalam kendali.
·
Bag.
Dapur, bagian dapur bertugas untuk memasak makanan
yang akan disajikan kepada para konsumen.
·
Bag.
Keuangan, bagian keuangan sudah jelas bertugas untuk
menangai masalah-masalah yang berkaitan dengan keuangan perusahaan baik itu
pengeluaran perusahaan maupun pemasukan yang diterima oleh perusahaan.
·
Bag.
Keamanan, bagian ini bertugas untuk menjaga dan
mengawasi keamanan di sekitar kawasan perusahaan, hal ini bertujuan untuk
membereikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen.
·
Bag.
Pelayanan, bagian pelayanan ini bertugas untuk
melayani dan menyajikan pesanan para konsumen, selain itu bagian pelayanan juga
harus bisa menjaga kebersihan kawasan usaha agar para konsumen bisa betah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar