Selasa, 20 Oktober 2015

Usaha Hijab "WH PROJECT" Oleh Sriwulan Indah - 170103140066


    Tugas ini disusun untuk memenuhi nilai UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia




Disusun Oleh :
Sriwulan Indah – 170103140066
Keuangan A







FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PADJADJARAN
BANDUNG
2015

A.    Latar Belakang Dibentuknya Usaha “Wulan Hijab Project”
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi trend tersendiri di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.

B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
a.       Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b.       Membudayakan kebiasaan berjilbab di kalangan muslimah
c.       Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya
2.      Tujuan Khusus
3.      Membantu wanita muslim mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab
4.      Memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat

C.    Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya kebudayaan berkerudung di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan beraneka motif dan warna yang netral (cocok untuk dipakai dengan baju warna apa saja), serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.

Perencanaan Usaha
D.    Deskripsi usaha
Jenis usahanya yaitu di bidang hijab, dengan konsep buy and trial it akan semakin membuat pelanggan lebih percaya diri dalam berhijab sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang syar’i.

E.     Sasaran dan Target Pasar
 Sasaran kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berjilbab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi di kampus-kampus atau sekolah-seklah atau komunitas muslim yang kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti mall. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan, bahkan di toko ini kami menyediakan salon jilbab. Sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

F.     Pembiayaan
Untuk modal awal yaitu sebesar Rp. 25.000.000,00 yaitu digunakan dengan rincian sebagai berikut :
No
Uraian
Biaya
Jumlah
Peralatan Baku
1
Mesin Jahit
2 buah (@Rp. 1.500.000)
Rp. 3.000.000
2
Komputer dan Meja Kasir

Rp. 1.500.000
3
Listrik dan Internet

Rp. 300.000
4
Rak Display

Rp. 1.000.000
5
Jarum Sulam
12 pak (@Rp. 5.000)
Rp. 60.000
6
Jarum Jahit
24 pak (@Rp. 4.000)
Rp. 96.000
7
Gunting
10 Buah (@Rp. 20.000)
Rp. 200.000

Jumlah

Rp. 6.156.000
Perlengkapan Hijab
8
Macam-Macam Kain Kualitas Tinggi
10 Roll (@Rp 70.000)
Rp. 7.000.000
9
Benang
50 Pak (@Rp. 15.000)
Rp. 750.000
10
Album Tutorial
150 (@Rp. 3.000)
Rp. 450.000
11
Plastik Kemasan
10 pak (@ Rp. 5.000)
Rp. 50.000

Jumlah

Rp. 8.250.000
Biaya Administratif
12
Gaji Pegawai
10 orang (dalam 1 bulan)
Rp. 10.000.000
13
Biaya iklan Promosi

Rp. 200.000
13
Biaya Tak Terduga

Rp. 394.000

Total

Rp. 25.000.000

G.     Lokasi
Pembuatan hijab ini di rumah pribadi yang kebetulan lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan sekolah dan jalanan yang ramai. Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi maupun konsultasi langsung dengan kami tentang cara memakai jilbab yang menarik. Pembeli juga bisa datang langsung untuk memilih dan menentukan sendiri motif yang diinginkan.
Selain rumah produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah berdasarkan lokasi yang sesuai dan merupakan tempatnya berkumpulnya wanita muslim.




H.     Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi dan stand flexible sebagai media promosi dan tempat traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, majalah dan online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara memakai hijab serta kami juga menyediakan suatu wadah konsultasi baik melalui sms, telepon, chatting, blackberry messenger, email maupun bertemu secara langsung.

I.       Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, kami membutuhkan 1 orang Direktur, 1 orang manajer, 1 orang untuk bagian Keuangan, 1 orang bagian kepegawaian, 3 orang untuk bagian departemen produksi barang, 2 orang untuk departemen riset dan kreatif (konsultan hijab) dan 3 orang bagian departemen pemasaran.
Untuk 3 orang bagian produksi barang, kami harus melakukan seleksi terlebih dahulu. Sama halnya dengan karyawan bagian produksi, untuk konsultan hijab haruslah dilakukan seleksi yang benar-benar matang, orang yang benar-benar mengetahui tentang tata cara memakai hijab dan memiliki keahlian dalam memadupadankan hijab. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk kami sehingga tidak kalah saing dengan hijab yang kini ada di pasar.
Pada bagian pemasaran juga harus dipilih orang yang mempunyai koneksi luas serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Sehingga pesan yang terkandung di dalam hijab kami dan maksud yang kami buat dapat tersampaikan dengan baik. Dengan adanya orang yang berperangai baik dan ramah, konsumen akan merasa tertarik serta tidak malu untuk mengutarakan segala keluh kesahnya dalam berjilbab.
Untuk saat ini, sumber daya manusia untuk posisi Direktur atau penanggung jawab, Manajer, Bagian Keuangan dan Kepegawaian sudah terpenuhi. Jadi kami hanya merekrut yang diluar dari itu. Tetapi untuk yang akan datang, seiring dengan kesuksesan usaha ini, kami akan membuka open recruitment untuk yang lebih luas.

J.      Kualifikasi Pegawai
1.      Direktur : dipegang oleh saya sendiri yaitu sebagai pencetus ide dan pengelola.
2.      Manajer : dipegang oleh ibu saya dengan alasan beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja sehingga dapat mengawasi dan mengelola toko ini secara maksimal, selain itu beliau juga dipercaya untuk mengawasi toko ini dengan tanggung jawab penuh.
3.      Pemegang Keuangan : dipegang oleh kakak saya, beliau sudah berpengalaman dalam bidang keuangan karena telah bekerja sebagai teller suatu bank.
4.      Kepegawaian :
Kualifikasi : - Pria/Wanita lulusan Min Diploma III
                     - Usia Maks.30 Tahun
                                 - Mempunyai pengalaman bekerja
                                 - Diutamakan Lulusan Administrasi Kepegawaian
                               - Berpenampilan rapi dan menarik
        - Bersedia mengikuti wawancara
5.      Departemen Produksi :
Kualifikasi : - Pria/Wanita lulusan Min SMA/SMK
         - Usia Maks.30 Tahun
         - Memiliki keahlian menjahit
         - Mempunyai pengalaman bekerja
                                 - Berpenampilan rapi dan menarik
                                 - Siap bekerja dalam sistem shift
                               - Bersedia mengikuti wawancara
6.      Departemen Riset dan Kreatif
Kualifikasi : - Wanita lulusan Min SMA/SMK
                    - Usia Maks.30 tahun
                    - Kreatif, stylist, dan modist
         - Memakai hijab
         - Berpenampilan menarik
         - system Kerja part time
7.      Departemen Pemasaran
Kualifikasi : - Wanita lulusan Min SMA/SMK
                    - Usia Maks.30 Tahun
                   - Berpenampilan rapi dan menarik
                   - Memakai hijab
                   - Memiliki kemampuan hubungan interpersonal
                   - Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
                   - Bisa mengendarai kendaraan

K.    Cara Merekrut
Cara merekrut pegawai yang dibutuhkan adalah dengan mempublikasikan lewat iklan di media koran atau media sosial, setelah itu ada tahap wawancara setelah itu ada test seperti menjahit khusus untuk bagian produksi.

L.     Struktur Organisasi


 



M.   Job Description

1.      Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha
2.      Manajer bertugas untuk mengelola toko/usaha agar berjalan lancar setiap harinya dan mengawasi para pegawai 
3.      Bagian Keuangan bertugas untuk mengatur keuangan usaha dan membuat laporan
Keuangan setiap bulannya. Dan juga merekam semua transaksi yang terjadi.
4.      Bagian kepegawaian bertugas untuk mencari sumber daya manusia yang berkualitas
Dan memelihara pegawai yang berkompeten, juga harus mengetahui setiap pekerjaan
Yang dilakukan para karyawan/pegawai
5.      Departemen produksi yaitu departemen yang bertugas memproduksi berbagai
jenis hijab yang akan kami pasarkan.
6.      Departemen riset, yaitu departemen yang bertugas untuk mempelajari tren, karakteristik dan permintaan konsumen dan juga bertugas mengembangkan dan memproduksi produk yang akan kami pasarkan.
7.      Departemen pemasaran, yaitu departemen yang menangani aktivitas penjualan dan pemasaran tersebut, juga mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.

N.    Produk yang dijual





Harga untuk 1 bauh kerudung adalah Rp.50.000,00 (belum termasuk ongkos kirim)
O.    Strategi pemasaran
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta mengiklankan produk kami di media massa dan majalah wanita.  Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok muslimah seperti di kampus, perusahaan dan arisan. Kami juga melakukan promosi di pameran, expo atau bazar. Pada semua media promosi tersebut kami tidak lupa menyertakan tentang berbagai fasilitas yang kami miliki seperti tutorial cara memakai jilbab dan pelayanan kebutuhan konsumen yang optimal.

2 komentar: