Tugas
ini disusun untuk memenuhi nilai UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia
Disusun Oleh :
Sriwulan Indah – 170103140066
Keuangan A
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
PADJADJARAN
BANDUNG
2015
A. Latar Belakang Dibentuknya Usaha
“Wulan Hijab Project”
Alasan
kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi trend tersendiri
di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung
cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat
adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab
tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan
dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa
mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan
lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu
wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah
diwajibkan oleh agama.
B.
Tujuan
1. Tujuan Umum
a. Mendapatkan keuntungan dari produk
ini
b. Membudayakan kebiasaan berjilbab di kalangan
muslimah
c. Membuat produk yang dapat menjadi
gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya
2. Tujuan Khusus
3. Membantu wanita muslim mengekspolasi
kreativitas dalam berjilbab
4. Memberi pilihan yang memudahkan para
wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat
C.
Potensi Bisnis
Produk
ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya
kebudayaan berkerudung di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu
saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang
mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung
merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan
beraneka motif dan warna yang netral (cocok untuk dipakai dengan baju warna apa
saja), serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi model maupun cara pakai,
pasti akan menarik perhatian para wanita.
Perencanaan
Usaha
D.
Deskripsi usaha
Jenis
usahanya yaitu di bidang hijab, dengan konsep buy and trial it akan semakin
membuat pelanggan lebih percaya diri dalam berhijab sesuai dengan
ketentuan-ketentuan yang syar’i.
E.
Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia.
Baik yang telah berjilbab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi di
kampus-kampus atau sekolah-seklah atau komunitas muslim yang kerap mengadakan
perkumpulan. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi
dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap
didatangi siapa saja dan siap melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk
program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat
perbelanjaan seperti mall. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan
fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan, bahkan di toko ini kami
menyediakan salon jilbab. Sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang
berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami menggalakkan promosi
di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Hal ini kami maksudkan untuk
memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
F.
Pembiayaan
Untuk
modal awal yaitu sebesar Rp. 25.000.000,00 yaitu digunakan dengan rincian
sebagai berikut :
No
|
Uraian
|
Biaya
|
Jumlah
|
Peralatan
Baku
|
|||
1
|
Mesin Jahit
|
2 buah (@Rp. 1.500.000)
|
Rp. 3.000.000
|
2
|
Komputer dan Meja Kasir
|
Rp. 1.500.000
|
|
3
|
Listrik dan Internet
|
Rp. 300.000
|
|
4
|
Rak Display
|
Rp. 1.000.000
|
|
5
|
Jarum Sulam
|
12 pak (@Rp. 5.000)
|
Rp. 60.000
|
6
|
Jarum Jahit
|
24 pak (@Rp. 4.000)
|
Rp. 96.000
|
7
|
Gunting
|
10 Buah (@Rp. 20.000)
|
Rp. 200.000
|
Jumlah
|
Rp. 6.156.000
|
||
Perlengkapan
Hijab
|
|||
8
|
Macam-Macam Kain Kualitas Tinggi
|
10 Roll (@Rp 70.000)
|
Rp. 7.000.000
|
9
|
Benang
|
50 Pak (@Rp. 15.000)
|
Rp. 750.000
|
10
|
Album Tutorial
|
150 (@Rp. 3.000)
|
Rp. 450.000
|
11
|
Plastik Kemasan
|
10 pak (@ Rp. 5.000)
|
Rp. 50.000
|
Jumlah
|
Rp. 8.250.000
|
||
Biaya
Administratif
|
|||
12
|
Gaji Pegawai
|
10 orang (dalam 1 bulan)
|
Rp. 10.000.000
|
13
|
Biaya iklan Promosi
|
Rp. 200.000
|
|
13
|
Biaya Tak Terduga
|
Rp. 394.000
|
|
Total
|
Rp.
25.000.000
|
G.
Lokasi
Pembuatan
hijab ini di rumah pribadi yang kebetulan lokasi ini cukup strategis karena
berdekatan dengan sekolah dan jalanan yang ramai. Selain itu, pembeli bisa
datang langsung melihat-lihat proses produksi maupun konsultasi langsung dengan
kami tentang cara memakai jilbab yang menarik. Pembeli juga bisa datang
langsung untuk memilih dan menentukan sendiri motif yang diinginkan.
Selain
rumah produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah
berdasarkan lokasi yang sesuai dan merupakan tempatnya berkumpulnya wanita
muslim.
H.
Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi
dan stand flexible sebagai media promosi dan tempat traksaksi jual beli, kami
juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak
seperti brosur, leaflet, pamflet, majalah dan online shop, blog, facebook,
twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau
tata cara memakai hijab serta kami juga menyediakan suatu wadah konsultasi baik
melalui sms, telepon, chatting, blackberry messenger, email maupun bertemu
secara langsung.
I.
Sumber Daya Manusia
Untuk
usaha awal, kami membutuhkan 1 orang Direktur, 1 orang manajer, 1 orang untuk
bagian Keuangan, 1 orang bagian kepegawaian, 3 orang untuk bagian departemen produksi
barang, 2 orang untuk departemen riset dan kreatif (konsultan hijab) dan 3
orang bagian departemen pemasaran.
Untuk
3 orang bagian produksi barang, kami harus melakukan seleksi terlebih dahulu. Sama
halnya dengan karyawan bagian produksi, untuk konsultan hijab haruslah
dilakukan seleksi yang benar-benar matang, orang yang benar-benar mengetahui
tentang tata cara memakai hijab dan memiliki keahlian dalam memadupadankan
hijab. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk kami sehingga tidak
kalah saing dengan hijab yang kini ada di pasar.
Pada
bagian pemasaran juga harus dipilih orang yang mempunyai koneksi luas serta
kemampuan berkomunikasi yang baik. Sehingga pesan yang terkandung di dalam
hijab kami dan maksud yang kami buat dapat tersampaikan dengan baik. Dengan
adanya orang yang berperangai baik dan ramah, konsumen akan merasa tertarik
serta tidak malu untuk mengutarakan segala keluh kesahnya dalam berjilbab.
Untuk
saat ini, sumber daya manusia untuk posisi Direktur atau penanggung jawab,
Manajer, Bagian Keuangan dan Kepegawaian sudah terpenuhi. Jadi kami hanya merekrut
yang diluar dari itu. Tetapi untuk yang akan datang, seiring dengan kesuksesan
usaha ini, kami akan membuka open recruitment untuk yang lebih luas.
J.
Kualifikasi Pegawai
1. Direktur : dipegang oleh saya
sendiri yaitu sebagai pencetus ide dan pengelola.
2. Manajer : dipegang oleh ibu saya
dengan alasan beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja
sehingga dapat mengawasi dan mengelola toko ini secara maksimal, selain itu
beliau juga dipercaya untuk mengawasi toko ini dengan tanggung jawab penuh.
3. Pemegang Keuangan : dipegang oleh
kakak saya, beliau sudah berpengalaman dalam bidang keuangan karena telah
bekerja sebagai teller suatu bank.
4. Kepegawaian :
Kualifikasi : - Pria/Wanita lulusan Min Diploma III
- Usia Maks.30 Tahun
- Mempunyai pengalaman bekerja
- Diutamakan Lulusan Administrasi
Kepegawaian
- Berpenampilan
rapi dan menarik
- Bersedia mengikuti wawancara
5. Departemen Produksi :
Kualifikasi : - Pria/Wanita lulusan Min SMA/SMK
- Usia Maks.30 Tahun
- Memiliki keahlian menjahit
- Mempunyai pengalaman bekerja
- Berpenampilan rapi dan menarik
- Siap bekerja dalam sistem shift
- Bersedia
mengikuti wawancara
6. Departemen Riset dan Kreatif
Kualifikasi : - Wanita lulusan Min SMA/SMK
-
Usia Maks.30 tahun
-
Kreatif, stylist, dan modist
- Memakai hijab
- Berpenampilan menarik
- system Kerja part time
7. Departemen Pemasaran
Kualifikasi : - Wanita lulusan Min SMA/SMK
-
Usia Maks.30 Tahun
-
Berpenampilan rapi dan menarik
-
Memakai hijab
- Memiliki kemampuan hubungan
interpersonal
-
Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
-
Bisa mengendarai kendaraan
K.
Cara Merekrut
Cara merekrut pegawai yang
dibutuhkan adalah dengan mempublikasikan lewat iklan di media koran atau media
sosial, setelah itu ada tahap wawancara setelah itu ada test seperti menjahit
khusus untuk bagian produksi.
L.
Struktur Organisasi
M.
Job
Description
1. Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan
sekali dari hasil usaha
2. Manajer
bertugas untuk mengelola toko/usaha agar berjalan lancar setiap harinya dan
mengawasi para pegawai
3. Bagian
Keuangan bertugas untuk mengatur keuangan usaha dan membuat laporan
Keuangan setiap
bulannya. Dan juga merekam semua transaksi yang terjadi.
4. Bagian
kepegawaian bertugas untuk mencari sumber daya manusia yang berkualitas
Dan memelihara pegawai
yang berkompeten, juga harus mengetahui setiap pekerjaan
Yang
dilakukan para karyawan/pegawai
5. Departemen
produksi yaitu departemen yang
bertugas memproduksi berbagai
jenis hijab yang akan kami pasarkan.
6.
Departemen
riset, yaitu departemen yang bertugas untuk mempelajari tren, karakteristik dan permintaan konsumen dan juga bertugas
mengembangkan dan memproduksi produk yang akan kami pasarkan.
7.
Departemen
pemasaran, yaitu departemen
yang menangani aktivitas penjualan dan pemasaran tersebut, juga mereka yang
berhubungan langsung dengan konsumen.
N. Produk yang dijual
Harga
untuk 1 bauh kerudung adalah Rp.50.000,00 (belum termasuk ongkos kirim)
O. Strategi pemasaran
Promosi
merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran
dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui
sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung
dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka
semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya.
Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta
mengiklankan produk kami di media massa dan majalah wanita. Promosi dari
mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok
muslimah seperti di kampus, perusahaan dan arisan. Kami juga melakukan promosi
di pameran, expo atau bazar. Pada semua media promosi tersebut kami tidak lupa
menyertakan tentang berbagai fasilitas yang kami miliki seperti tutorial cara
memakai jilbab dan pelayanan kebutuhan konsumen yang optimal.
terimakasih atas ilmu nya mengenai plan usaha hijab sangat bermanfaat bagi saya yang lagi mencari informasi mengenai plan bisnis ini
BalasHapusMaksih atas ilmunya, Jasa Toko Online Profesional
BalasHapusJasa Pembuatan Website Toko Online serta layanan Jasa Pembuatan Website Penjualan Online dan
Jasa Pembuatan Online Shop
Grosir Jilbab Murah - Jilbab Segi Empat Terbaru dan Jilbab Instan Terbaru serta Jasa Pembuatan Website Murah serta Buat Toko Online Murah juga Jilbab Pasmina Terbaru